Referensi Pekerjaan Lebih Menguntungkan Kedua Pihak

2
771
eferensi Pekerjaan Lebih Menguntungkan

Proses perekrutan pekerja adalah proses yang menyangkut pihak pekerja dan pemberi kerja. Proses ini memiliki banyak konsiderasi dimana hasil dari perundingan harus menguntungkan kedua pihak. Salah satu dari kosiderasi yang ada adalah tentang legitimasi dari pelamar. Walau CV adalah cara menjual utama yang diberikan dari pelamar, riset mengatakan Referensi Pekerjaan lebih Menguntungkan kedua pihak. Berikut adalah alasan Referensi Pekerjaan lebih Menguntungkan kedua pihak

“Ketika Anda hanya memiliki begitu banyak perekrut dan begitu banyak sumber daya untuk menjangkau para kandidat, akan sangat membantu jika Anda memiliki program rujukan yang bagus untuk memberdayakan semua karyawan Anda untuk membantu dalam pencarian sumber.”
– Kara Yarnot –

Calon yang direferensikan lebih cepat daripada kandidat tradisional

Hal ini menjadi sangat masuk akal karena perekrut tidak perlu terlalu lama menganalisa dokumen yang diberikan. Perekrut hanya perlu membaca sekilas dan melakukan wawancara kepada pelamar kerja. Untuk kedua pihak, hal ini sangat menguntungkan karena pelamar kerja mendapatkan pekerjaan dengan cepat. Perekrut juga mendapat keuntungan yaitu memperkerjakan seseorang yang berkualitas dengan cepat untuk mengisi kekosongan di tim.

Menurut riset yang dilkakukan oleh JobsVite, pelamar dari sistem referensi memulai posisi mereka lebih cepat daripada pelamar yang ditemukan melalui papan pekerjaan dan situs karir. Risetnya menghasilkan bahwa sistem referensi dilamar setelah 29 hari dibandingkan 39 hari melalui papan kerja 55 melalui situs karir.

Calon yang direferensikan lebih murah daripada calon tradisional

Salah satu pengeluaran terbesar oleh perusahaan adalah budget perekrutan. Ada banyak faktor yang menentukan berapa besar budget yang diperlukan dalam perencanaan perekrutan. Dengan melakukan sistem referensi, perekrut tidak perlu membayar biaya rekrutmen tradisional untuk sumber mereka – iklan di papan kerja, biaya agen, dll. Dan juga karena mereka lebih cepat untuk mempekerjakan, itu juga berarti menghabiskan lebih sedikit untuk biaya tenaga kerja internal.

Dalam penelitiannya, Yarnot telah menemukan pernyataan di atas benar dalam penelitiannya sendiri, bahkan setelah memperhitungkan bonus rujukan. Penghematannya bisa sangat bervariasi. Jika agen biasanya mengenakan biaya 20 persen dari gaji tahun pertama seorang karyawan, itu bisa menjadi $ 20.000 untuk satu orang $ 100.000 yang dipekerjakan. Bahkan jika Anda memberi karyawan Anda bonus referensi $ 2.000 karena berhasil merekomendasikan karyawan baru, itu masih menghemat $ 18.000, dibandingkan dengan mempekerjakan melalui agen.

Seorang karyawan yang direferensi akan diterima lebih cepat daripada yang tradisional

Dalam penelitannya juga, Kara Yarnot berpendapat demikian:

“(Karyawan yang dirujuk) merasa seolah-olah mereka memiliki teman yang bukan bos mereka untuk menoleh dan mengajukan pertanyaan saat mereka berada di pesawat … Jadi, membantu mereka diintegrasikan ke dalam budaya jauh lebih cepat.”

Menurut sebuah studi yang dilakukan Gallup, memiliki setidaknya satu teman di tempat kerja bisa membuat pekerja lebih bahagia dan lebih produktif. Hal ini berkaitan dengan budaya dan etos pekerjaan yang dimiliki setiap perusahaan. Adanya seseorang “teman” yang dapat memperkenalkan budaya dan etos kerja akan mempermudah pekerja baru beradaptasi. Etos kerja dan budaya yang baik akan menghasilkan moral tim yang tinggi. Sehingga, produktivitas dan kinerja dapat meningkat, akhirnya meningkatnya hasil akhir.

Seorang karyawan yang direferensi akan menetap di pekerjaan tersebut lebih lama.

Menyambung dari poin sebelumnya, memiliki teman dekat dalam pekerjaan akan sangat mempengaruhi keputusan pekerja baru menetap dalam perusahaan. Secara khusus, salah satu studi oleh JobVite menemukan bahwa 46% dari karyawan yang dirujuk bertahan setidaknya selama satu tahun setelah mereka dipekerjakan. Angka ini jauh di atas 33% orang yang dipekerjakan melalui situs karir dan 22% dipekerjakan melalui papan pekerjaan.

Seorang karyawan yang berhasil merujuk kandidat akan tinggal di perusahaan mereka lebih lama dari karyawan tradisional

Tidak hanya bagi karyawan baru, karyawan lama akan menetap lebih lama lagi dengan adanya teman yang berhasil di referensi. Hal ini berkaitan dengan fakta bahwa adanya teman yang (secara personal) dikenal dan perusahaan mengapresiasi hal tersebut. Para psikolog memiliki sebuah efek yang dinamakan “cantik-akrab”. Semakin banyak wajah yang Anda kenal di tempat kerja, semakin bahagia Anda di tempat kerja. Untuk memperkuat pernyataan ini, sebuah studi dari LinkedIn mengatakan bahwa: seseorang yang berhasil mereferensikan pekerjaan akan lebih lama bertahan di perusahaan tersebut.

“Rujukan yang berhasil membuat karyawan merasa lebih baik tentang perusahaan tempat mereka bekerja,”

Akhir kata:

Fakta-nya, jelas sistem referensi adalah salah satu cara terbaik dalam merekrut seseorang. Tentunya, tidak baik untuk merekrut hanya dengan melakukan sistem referensi. Hal yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah menyeimbangkan dan mencari sistem referensi terbaik yang bisa dilakukan. Untuk pelamar kerja, koneksi yang luas menjadi salah satu kunci dalam mendapatkan pekerjaan impian.

JobsRefer adalah platform pencarian pekerjaan pertama yang terfokus kepada sistem referensi. Di JobsRefer, kami mengajak anda untuk menreferensikan rekan anda untuk mendapatkan pekerjaan impannya. Kami juga akan membalas referensi Anda dengan memberikan uang saku tambahan untuk referensi pekerja yang berhasil diterima.

JobsRefer juga mengajak perusahaan untuk mendaftarkan diri untuk mendapatkan kandidat terbaik sambil mengurangi biaya perekrutan. Registerkan perushaan anda dan dapatkan kandidat terbaik untuk tim anda disini!

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here