8 Etos Kerja yang Perlu Dimiliki Dalam Dunia Profesional

3
1196
Etos Kerja yang Perlu Dimiliki

Etos kerja  adalah suatu kekuatan yang wajib dimiliki oleh setiap tenaga kerja.  Entah itu bekerja di lapangan entrepreneur dan juga bekerja di dalam perusahaan. seluruh orang yang bekerja wajib hukumnya mempunyai etos kerja yang kuat supaya bisa mencapai karir yang diidamkan.

Dengan menanamkan dan juga mempertahankan etos kerja dalam budaya perusahaan hal ini akan memberikan dampak positif bagi perusahaan.  Sebab dengan etos kerja akan melahirkan  tenaga kerja yang tangguh bagi setiap tenaga kerja dalam menghadapi tantangan –  tantangan yang ada di dalam dunia kerja.  Jika seorang karyawan memiliki  etos kerja yang kuat maka karyawan tersebut  memiliki  loyalitas  yang bagus terhadap perusahaan  dan ia juga berupaya memberikan yang terbaik dalam melakukan pekerjaannya.

Pernahkah kalian berpikir meskipun secara sekilas saja tentang apa saja elemen penting yang harus dimiliki untuk mendapatkan etos kerja yang  baik?  Nah selamat  jika kalian pernah memikirkan hal-hal tersebut maka kali ini saya akan membahas   beberapa elemen etos kerja perlu dimiliki dalam dunia profesional.  Simak artikel ini hingga selesai ya !

1. Memiliki Rasa Hormat dalam Bekerja

Elemen pertama yang penting untuk dimiliki dalam etos kerja  iya lah rasa hormat.  Rasa hormat yang dimaksud  dalam etos kerja  ini maksudnya ialah menghormati client,  mitra bisnis,  rekan kerja kantor kita, pemimpin dan juga manajer kita.  

Semua orang tahu setiap pekerjaan selalu ada masalahnya sendiri,  ketika  kamu ditimpa masalah  maka sebaiknya  kamu harus bisa bersikap tenang,  diplomatis  dan mengontrol emosi.  Sikap-sikap terpuji seperti ini  akan menciptakan rasa hormat orang lain terhadap diri kita.

Ingatkah tentang petuah “Sebelum dihormati orang lain  maka kita  harus menghormati orang lain terlebih dahulu”.  Maka dari itu  wajib hukumnya  menanamkan Sikap menghormati orang lain dalam bekerja  baik itu saat bekerjasama dengan client,  pelanggan  dan juga rekan kantor. Hargai seluruh pendapat  yang diutarakan oleh terhadap kita  dengan begitu maka kita akan  mendapat kesan yang baik  dan juga rasa hormat dari mereka.

2. Disiplin

Disiplin merupakan etos kerja yang harus dimiliki dalam menekuni sebuah pekerjaan.  karyawan yang memiliki sikap disiplin umumnya secara sadar  mereka berusaha sebaik mungkin memenuhi dan meningkatkan kinerja nya. hal ini memiliki maksud  sebagai wujud  komitmen dan tekad nya terhadap  pekerjaan yang ditekuni. Salah satu  contoh etos kerja disiplin secara cara  nyata dapat diwujudkan melalui  menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu dan tidak menundanya  setiap ada pekerjaan yang didapatkan.

3. Memiliki Sikap Profesional  dalam Bekerja

Sikap profesionalisme dalam dunia kerja sangat dibutuhkan,  di mana profesionalisme ini memiliki arti yang cukup dalam.  Profesionalisme dalam dunia kerja  bukan hanya tentang cara kerja kita yang harus dikerjakan secara profesional namun kita juga harus memperhatikan cara berpakaian  demi menjaga profesionalitas yang tinggi.

Karyawan profesional akan memperhatikan cara berpakaian mereka  karena  mereka sadar tentang penampilan diri sehingga orang lain pun akan segan kepada mereka  karena ia memiliki penampilan yang rapi,  menarik dan enak dipandang  oleh mitra bisnis, klien,  rekan kerja dan manajernya.  Berpakaian secara profesional  membantu mengidentifikasikan  sebagai seorang yang memiliki pendidikan  kan dan tahu tentang sopan santun.  Meskipun begitu bukan berarti mereka yang yang memiliki gaya berpakaian tidak beraturan  tidak mempunyai sopan santun yang bagus,  namun setidaknya  karyawan yang memiliki gaya berpakaian rapi dan profesional  mendapatkan kesan yang lebih baik di lingkungan tempat kerjanya .

4. Memiliki Keinginan untuk Maju dan Berkembang

Karyawan yang mempunyai etos kerja tinggi pada umumnya ia ingin selalu maju,  ia akan membuka diri  beri terhadap kritik dan saran yang diberikan orang lain kepada dirinya.  ia berusaha untuk meningkatkan kualitas diri  yang berkaitan dengan karirnya.   Mereka menyukai tantangan – tantangan terhadap pekerjaan dan bahkan melihat suatu masalah dalam pekerjaan ini merupakan sebuah peluang.  Mereka yang memiliki etos kerja tinggi  akan  meningkatkan skill mereka  terhadap pekerjaan yang digeluti.

*Di Jobsrefer, anda bisa mendapatkan kesempatan untuk terus maju berkembang dengan berbagai lowongan pekerjaan dan sistem perekrutan yang inovatif, sekaligus mendapatkan uang saku tambahan!*

5. Dedikasi Tinggi dalam Bekerja

Apa sih dedikasi tinggi dalam bekerja?  dedikasi tinggi dalam pekerjaan ini ni  merupakan suatu penilaian dari atasan terhadap kinerja kita. Dan pasti kamu  dan tim pernah merasa  ingin memberikan luar biasa dalam jam setiap pekerjaan yang kalian selesaikan.

Bahkan, kamu rela menyisihkan waktu  ekstra demi memperbaiki pekerjaan,  dan memberi perhatian lebih pada tugas kerja yang kalian selesaikan sehingga dapat menghasilkan sesuatu yang  unggul. Yang mana dengan kata lain bekerja bukan hanya sekedar bekerja namun bagaimana caranya kita bekerja dan bisa  menghasilkan sesuatu Yang lebih. 

6. Memiliki Sikap Pantang Menyerah

Kegagalan dan tantangan?  Ini semua hanya sebuah peluang  bagi orang yang memiliki etos kerja yang baik.  seberapa besar tantangannya dan seberapa banyak  kita mengalami kegagalan kita tidak boleh Menyerah dengan kesulitan yang datang.  Pasti kalian memiliki tujuan karir yang harus  dikejar  maka dari itu tidak ada waktu untuk menyesal,  mengeluh  dan memutar arah  yang menyebabkan kita Berhenti melakukan pengajaran impian yang  yang sudah kita harapkan.   Sikap-sikap seperti itu  tidak akan ada ada dalam pikiran orang yang memiliki etos kerja tinggi,  mereka yang memiliki etos kerja tinggi akan terus melangkah maju tidak peduli seberapa jauh  harus melangkah demi menghadapi tantangan dan rintangan  demi sebuah mimpi.

7. Bekerja secara Akuntabilitas

Mempunyai sikap akuntabilitas dan juga tanggung jawab  terhadap   pekerjaan yang diemban  sangat diperlukan demi membangun etos kerja yang kuat.  Contohnya saja  kita tidak boleh menghindari kesalahan yang diperbuat dan memberikan alasan – alasan  yang direkayasa sedemikian rupa  sebagai tameng.  Jika memang salah harus mau mengakui kesalahan secara gentle dan bertanggung jawab untuk memperbaiki kesalahan yang diperbuat. Orang yang memiliki etos tinggi  akan menjadikan sebuah kesalahan menjadi pengalaman belajar yang berharga dan tidak menjadikan orang lain sebagai kambing hitam  atas kesalahan yang sudah kita perbuat .

8. Memiliki  Sikap Rendah Hati

Mempunyai rasa rendah hati dalam bekerja maksudnya kita bisa menghargai kontribusi yang diberikan orang lain dan tidak lupa memberikan imbal balik atas hasil kerja dan juga pencapaian kinerja seseorang. Orang yang memiliki rasa rendah hati  tidak pernah lupa berterima kasih kepada ada rekan kerja yang sudah membantu  menyelesaikan pekerjaan kita.  Dan jangan lupa pula  setiap pencapaian yang didapatkan di dalamnya terdapat kontribusi orang lain.

Apakah anda sudah memiliki elemen etos kerja tersebut? Jika ya kamu keren sekali! Jika Belum maka anda perlu berbenah diri dan  menerapkan etos kerja yang bagus. Semangat dan semoga berhasil!

3 COMMENTS

  1. […] Kandidat yang memiliki banyak pengalaman adalah sebuah hal yang sangat menggiurkan. Banyaknya pengalaman menjadi poin tambah bagi kandidat dalam melamar kerja, dimana dalam merekrut karyawan perusahaan akan melihat pengalaman perekrut tersebut baik dibidang yang dilamar atau dibidang lainnya. Memang, hal yang tidak bisa dibeli adalah pengalaman dan waktu. Banyak pula perekrut yang sangat tergiur dengan “mulut manis” pelamar kerja. Tetapi dengan pengalaman yang minim/kurang, ada kalanya beberapa perusahaan mempertimbangkan pelamar kerja yang memiliki etos kerja yang baik. […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here