Work From Home: Pekerjaan Jarak Jauh untuk Perusahaan Indonesia: Bagaimana dan Di mana?

1
965
Work From Home (WFH)

Masuknya virus Covid-19 ke Indonesia dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) menimbulkan tantangan dalam dunia pekerjaan. Work From Home (WFH) sudah menjadi sebuah trend yang dilakukan oleh banyak perusahaan di Indonesia. Walau sistem ini sudah menjadi sesuatu yang tidak asing, masih banyak perusahaan yang runtuh. Setidaknya, ada 10 perusahaan yang jatuh karena tidak mampu bersaing. Namun dibalik itu semua, banyak pekerjaan yang masih sangat dibutuhkan, dan berikut adalah penjabaran bagaimana sistem pekerjaan Work From Home (WFH) dapat dilakukan.

Sistem Lowongan Kerja

Mencari pekerjaan di tengah pandemic Covid-19 bukan sesuatu yang ideal. Namun hal ini tetap ada, dengan sistem Work From Home (WFH). Berbeda dengan sebelumnya, pengaplikasian secara online berarti kita harus sering melihat dan memantau email yang masuk. Data yang diberikan juga harus lengkap dan tidak boleh ada kesalahan informasi agar komunikasi antara pekerja dan perekrut tidak ada kesalahan.

*berikut adalah tips dari kami tentang Perbedaan Resume, CV dan Cover Letter.

Pemberian Tugas dan Deadline

Pemberian tugas dan deadline adalah sebuah hal yang krusial dalam mencapai tujuan perusahaan bagi seorang manager kepada karyawan. Sebelumnya, seluruh bagian dari tim dapat mengadakan rapat baik berupa Briefing, Lunch meeting, Offsite meeting,dll. Dengan era komunikasi 4.0, pembagian informasi sudah menjadi sangat cepat dan mudah. Namun karena peraturan PSBB, hal ini tidak dapat dilakukan dan menjadi sebuah kendala untuk banyak perusahaan, terutama perusahaan UKM. Bila diteliti lebih lanjut, hal ini bukan menjadi sebuah masalah yang besar. Di zaman ini, ada banyaknya fasilitas online secara gratis yang dapat diakses. Masalahnya ada di UKM yang belum dilengkapi dengan sistem informasi manajemen yang memadai.

Tenang saja, tidak ada kata terlambat untuk terus mencoba dan belajar. Berikut adalah tips yang dapat kami berikan untuk perusahaan dan karyawan untuk dapat berfungsi secara produktif:

  • Tentukan penggunaan Platform Teknologi yang tepat untuk fungsi yang berbeda beda.
    Dengan banyaknya pilihan platform teknologi yang berbeda, hal yang membuat bingung adalah menentukan pilihan teknologi yang tepat. Tentunya beda platform teknologi akan memiliki kegunaan yang berbeda dan alhasil akan menciptakan sistem kerja yang berbeda. Hal ini akan sangat berpengaruh secara subjektif dari bidang perusahaan apa yang dijalankan. Manager dan Karyawan perlu melakukan riset tersendiri untuk menentukan platform mana yang lebih efektif untuk digunakan.
  • Edukasi-kan dan perlengkapi Tim tentang penggunaan platform teknologi.
    Salah satu hal yang menjadi kesulitan dalam meggunakan teknologi adalah kurangnya edukasi dalam menggunakan teknologi yang dipilih. Terlebih lagi, tidak semua karyawan memiliki peralatan yang memadai dalam menggunakan terknologi tersebut. Maka dari itu, sebelum melaksanakan Work From Home (WFH), ada baiknya managerial perusahaan melakukan simulasi penggunaan platform yang dipilih setidaknya satu minggu, untuk mengetahui kendala dan kemampuan dari kerja Work From Home (WFH).
  • Komunikasi adalah kunci: Adakan pertemuan mingguan dalam tim.
    Melakukan pengawasan dalam Work From Home (WFH) adalah sesuatu yang sulit untuk dilakukan. Kinerja dari karyawan dapat menurun karena kurangnya komunikasi dari atasan. Dalam bekerja, akan banyak pertanyaan dan penjelasan yang dibutuhkan. Komunikasi menjadi sebuah hal yang lebih krusial dari sebelumnya. Ada baiknya perusahaan dan/atau tim melakukan pertemuan mingguan untuk memberikan update secara berkala. Update ini dapat membahas Kinerja, Masalah, Target dan/atau komentar lainnya.
  • Tentukan secara bersama jam produktif kerja.
    Memiliki etos kerja yang baik adalah kunci yang penting dalam melakukan pekerjaan secara produktif. Salah satu etos kerja yang baik adalah memiliki jam kerja yang teratur. Hal ini akan sangat berguna dalam menjaga fleksibilitas waktu dan pengwasan terhadap kinerja para karyawan.

Beda tempat, beda kegunaan.

Dengan berbagai teknologi yang ada, kadang sulit untuk menemukan platform terbaik. Kenyataannya, setiap aplikasi memiliki berbagai kegunaan yang berbeda dan tidak mungkin ada aplikasi terbaik untuk segala kebutuhan. Perlu diketahui untuk memaksimalkan kegiatan kantor, diperlukan beberapa aplikasi sekaligus untuk beberapa kegiatan yang akan dilakukan.

Berikut adalah beberapa rekomendasi kami dalam memilih platform untuk kegiatan kantor:

  • Zoom – tempat untuk rapat online, video call, dsb.
  • Google Meets – Alternative lain dari zoom.
  • Google Drive – tempat untuk berbagi data dengan skala yang besar.
  • Slack – platform untuk membagikan pekerjaan dan berkomunikasi dalam kantor secara tim.
  • Hubstaff – platform untuk pengawasan karyawan dan perhitungan jam kerja per hari.
  • Trello / Google Calendar – platfrom untuk menyusun deadline dan tujuan harian.
  • WhatsApp – tempat untuk berkomunikasi secara cepat dengan jaluran pribadi.
  • Discord – Cukup mengejutkan, platform yang biasa digunakan untuk bermain game ini adalah sebuah alternative hebat.

Banyak hal berubah di tengah Work From Home (WFH). Perusahaan yang bisa beradaptasi adalah perusahaan yang akan bertahan di tengah tantangan. Namun, kesuksesan hanya bisa didapatkan atas kerja sama dari Karyawan dan Perusahaan.

Di Jobsrefer.com, kami memiliki sistem rekrutmen yang inovatif dan terpercaya untuk kalian mendapatkan pekerjaan impian kalian. Ditengah kesulitan lowongan kerja, kami masih memiliki pekerjaan yang terbuka untuk kalian lihat. Maka dari itu, kami mendorong kalian untuk melihat Jobsrefer.com!

Untuk perusahaan yang sedang merekrut, klik link ini untuk mendapatkan kandidat terbaik yang kalian inginkan!

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here