Jobsrefer – Refer and Earn (Indonesia)

Resume, CV dan Cover Letter: Serupa tapi tak sama.

Jika saat ini kamu sedang menyusun lamaran kerja,maka kamu pasti sudah tahu dokumen yang biasa dalam lamaran kerja. Sebagian besar orang di Indonesia bingung membedakan perbedaan-perbedaan antara Resume, CV dan Cover letter. Apakah kamu salah satunya yang tidak mengerti perbedaan dari ketiga syarat melamar kerja tersebut? Berikut adalah perbedaan antara Resume, CV dan Cover Letter:

Cover letter:

Cover letter merupakan surat pengantar yang kalian kirimkan untuk melamar pekerjaan. Isi dari cover letter sendiri mendeskripsikan tentang sebuah alasan mengapa kamu pantas menjadi kandidat terpilih untuk posisi yang kamu lamar. Melalui cover letter ini kamu bisa menjelaskan lebih rinci siapa diri kamu, menjelaskan tentang kemampuan dirimu dan apa saja yang sudah kamu lakukan.

Isi dari cover letter sendiri mencakup:

Singkatnya secara keseluruhan Cover letter isinya mencakup:

Resume

Resume merupakan dokumen satu halaman yang memiliki isi berupa rangkuman- rangkuman kemampuan, background pendidikan, pengalaman yang kamu miliki. Hal ini memberikan gambaran kasar kepada tim HRD apakah kamu memenuhi kualifikasi  dan cocok untuk melamar posisi yang mereka butuhkan.

Jadi resume merupakan sesuatu yang lebih fleksibel dibandingkan dengan curriculum vitae karena ia bisa disesuaikan dengan lowongan kerja yang dilamar. Bentuk dari Resume dapat berbeda dan dapat diubah – ubah. Namun pada akhirnya ,CV masih tetap saja sebuah iklan tentang diri anda dan juga kemampuan anda dalam melamar sebuah pekerjaan. Jika CV bisa ditulis hingga berembar – lembar (dua halaman bahkan lebih)maka,resume cukup satu halaman saja.

Resume letter memiliki beberapa poin-poin penting yang berisi:

  1. Nama  dan juga kota kandidat
  2. Daftar singkat pengalaman kerja dan juga pengalaman
  3.  Penjelasan secara singkat motivasi dalam melamar kerja dan juga terkait di mana kandidat mengetahui informasi lowongan kerja ini
  4.  Daftar singkat tentang latar belakang pendidikan 
  5.  Kepribadian dan juga karakter sang pelamar kerja

Curriculum Vitae

Curriculum vitae merupakan sebuah daftar riwayat hidup berisi tentang biodata lengkap dan daftar lengkap pendidikan tambahan. Untuk pekerja lama, CV juga berisikan pengalaman pengalaman kerja yang dimiliki oleh sang pelamar. Jika kamu mengirim curriculum vitae via email, maka kamu harus menyertakan foto formal terbaru.

Secara umum curriculum vitae berisi tentang : 

  1. Data pribadi  yang mencakup nama lengkap, tanggal lahir,  alamat tinggal saat ini,  nomor KTP  dan juga kontak yang bisa dihubungi.
  2.  Menyertakan alasan mengapa kamu dengan lowongan pekerjaannya
  3. Skill atau keahlian yang kamu punya  termasuk kemampuan teknis dan juga non teknis
  4. Beasiswa yang pernah kamu dapatkan dan juga penghargaan kompetisi yang yang pernah kamu ikuti.
  5. Daftar pendidikan formal maupun non formal yang relevan dengan posisi kerja yang dilamar jangan lupa cantumkan tahun kelulusannya.
  6. Sertifikat dan juga piagam yang relevan
  7.  Referensi kerja dari tim maupun atasan di tempat kerja sebelumnya

Penggunaan resume dan curriculum vitae (CV) di berbagai belahan dunia

Beda negara maka beda pula tradisinya dan juga persyaratan-nya. Hal ini berlaku pula dengan hal melamar pekerjaan dan tentu saja masih berhubungan dengan resume dan CV.  Di Kanada atau di Amerika Serikat resume sering kali lebih sering digunakan dibandingkan dengan CV. Sedangkan CV sendiri lebih sering digunakan di daerah negara – negara Eropa seperti Jerman, Inggris, Perancis ,Jerman dan bahkan New Zealand

Sementara pada daerah Asia, Afrika Selatan dan Australia resume dan CV sering digunakan secara bersamaan. Resume sering digunakan para pekerja untuk melamar pekerjaan di sektor swasta.  sementara CV digunakan untuk melamar posisi layanan publik. Di Indonesia sendiri secara garis besar perusahaan perusahaan akan meminta kepada sang pelamar untuk mengirim resume dan CV secara bersamaan. 

Ada beberapa tips untuk kamu para job seekers  supaya berkas lamaran kerjamu dilirik  para HRD

  1. Cetak CV, cover letter dan juga resume dengan kertas yang memiliki desain dan kualitas yang sama.  Kamu harus mendesain CV,cover letter dan resume dengan tema yang  sama supaya enak dilihat dan tidak terasa membosankan  ketika pihak HRD membacanya.
  2. Upayakan seluruh portofolio yang kamu cantumkan selaras dengan lowongan yang kamu inginkan.  Mulai dari prestasi pengalaman organisasi dan juga pengalaman kerja. Karena  hal ini akan menyakinkan  HRD jika kamu memang kandidat terbaik untuk menempati posisi tersebut.
  3. periksa ulang seluruh dokumen kamu baik itu tulisannya maupun kelengkapan persyaratannya.  Jika perlu, kamu bisa mengeditnya supaya tulisan dan isi dari dokumen padat  dan enak dibaca.
  4. kamu boleh tidak memberikan surat referensi dari perusahaan sebelumnya kamu bekerja jika perusahaan yang kamu lamar tidak meminta surat referensi tersebut.
  5.  Jika kamu memiliki gap year  pastikan  mencantumkan kegiatan – kegiatan apa saja yang kamu lakukan selama gap year.

Kesimpulan :

Cover LetterResumeCurriculum Vitae
Lebih menyorot ke ketrampilan khusus yang kamu milikiIsi berupa daftar ketrampilan, pengalaman dan pendidikan kamu.Lebih menyorot ke latar belakang akademik.
Berisi alasan mengapa kamu merupakan kandidat terbaik untuk mengisi posisi tersebutPanjang 1-2 halaman  Isi lebih panjang dari resume bisa 2 halaman lebih
Lebih menunjukan bagaimana kepribadian kamuTidak wajib menyertakan refrensi dari atasan sebelumnyaMenyertakan publikasi, pengalaman kerja atau magang

Bisa disimpulkan jika cover letter merupakan surat perkenalan kepada sang HRD,  merupakan rangkuman dari cover letter dan juga curriculum vitae. Penggunaan CV di lain area juga akan akan mempengaruhi peluang diterimanya dalam pekerjaan. Maka dari itu, strategi kan dan menangkan peluang untuk bekerja.

Di Jobsrefer.com, kami memiliki sistem rekrutmen yang inovatif dan terpercaya untuk kalian mendapatkan pekerjaan impian kalian, Kami mendorong kalian untuk mengimplementasikan tips dari kami, dan coba ceritakan di kolom komen!